3 Keunikan Dan Daya Tarik Jip Willys Dibanding Mobil Off Road Lain

Mobil jip dikenal dengan ketangguhannya melibas berbagai varian jalan, mulai makadam hingga jalan blekuk penuh lumpur. Bahkan ada jip yang diciptakan khusus untuk perang, yakni Willys. Jip bikinan Amerika Serikat ini memang diproduksi untuk mengangkut para prajurit menuju medan perang. Sehingga ketangguhannya gak usah ditanya lagi. Bahkan, setelah perang lama berakhir, jip-jip Willys masih banyak yang berkeliaran, termasuk di Indonesia.
Jip Willys

Di Makassar misalnya ada komunitas khusus yang anggotanya adalah para pemilik Jip Willys, namanya Makassar American Jeep. Komunitas ini cukup unik karena anggotanya adalah pemilik mobil-mobil sisa perang, termasuk Willys. Apa aja sih keunikan Jip Willys? Berikut beberapa di antaranya.

1. Posisi setir ada di kiri

Jika kamu melihat mobil-mobil Willys, kamu akan menyadari bahwa kursi kemudi Willys berada di sebelah kiri. Berbeda dengan kebanyakan mobil yang beredar di Indonesia yang setirny ada di sebelah kanan. Menurut Nuryadin, ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang pertama kali menggunakan Willys.

Ada kelebihan khusus kalau kita pakai Willys karena dia setir kiri. Jadi perhitungan orang yang gak biasa nyetir di sebelah kiri tapi langsung mau pakai Willys buat off road itu mungkin berat, jelas Nuryadin.

2. Willys hanya memiliki 3 percepatan

Nuryadin juga mengingatkan bahwa Willys mempunyai pengoperasian persneling berbeda dari mobil off road bertransmisi manual lainnya. Perbedaan ini akan kamu rasakan ketika kamu ingin mengganti persneling atau gigi.

Pada mobil Willys, masuk ke gigi 1 dilakukan dengan menarik tuas persneling ke belakang atau ke posisi gigi 2 di mobil Jepang. Untuk masuk ke gigi 2, tuas persneling didorong ke depan seperti memasukkan gigi 1 di mobil Jepang.

Gigi 2 Willys ada di slot gigi 3 mobil Jepang. Dan posisi gigi 3 Willys ada di posisi gigi 4 mobil Jepang. Sementara untuk masuk gigi atret, tuas persneling didorong ke depan. Berbeda dengan mobil Jepang yang tuas persnelingnya ditarik ke samping belakang. Biasanya, orang-orang yang ingin menjajal off road dengan Willys akan diajarkan terlebih dahulu agar tidak kagok saat memindahkan persneling sambil menyusuri medan yang berat.

3. Sistem 4x4 Willys berbeda dengan jip biasa

Willys dilengkapi sistem 4x4 yang meningkatkan kontrol atas mobil di medan yang sulit. Nuryadin mengatakan sistem 4x4 Willys tidak sama dengan mobil biasa. Willys punya tongkat itu agak rumit cara memasukan untuk four wheel drive itu, ucap Nuryadin.

Willys memiliki tiga mode untuk sistem 4x4 yang dibawanya, yaitu super low, low, dan high. Setiap mode tersebut dipilih berdasarkan medan yang dilalui Willys. Kita tahu medannya berat, kita masukkan low. Sangat berat, super low. Kurang berat, cuma berbatu-batu, kita masukkan di high. Ada pilihan. Tergantung di medan perjalanannya, paparnya.

Posting Komentar

0 Komentar