Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Sederhana untuk Atasi Burnout atau Kelelahan Karena Bekerja

Kelelahan Karena Bekerja
Tuntutan pekerjaan dan pendidikan yang begitu besar pada seseorang menyebabkan mereka bekerja keras. Pada beberapa orang, mereka bahkan bisa jadi bekerja terlalu keras. Bekerja keras ini memang bisa membuatmu menjadi sangat produktif. Namun di sisi lain, terdapat masalah kesehatan yang juga bisa menimpamu.

 

Bangun pagi hari dan terjaga hingga dini hari untuk bekerja bahkan hingga lembur bisa sangat mempengaruhi kesehatanmu. Hal ini tidak hanya mempengaruhimu secara fisik saja namun juga secara emosional. Bekerja terlalu keras ini bisa menimbulkan juga stres yang menumpuk dan menyebabkan rasa lelah yang luar biasa. Hal ini menyebabkan tubuh sesara terkuras secara emosi, fisik, dan mental.

 

Kelelahan ketika bekerja atau biasa disebut sebagai burnout ini merupakan salah satu hal yang banyak menimpa pekerja saat ini. World Health Organization (WHO) saat ini bahkan menggolongkan burnout sebagai salah satu kondisi kesehatan. Burnout saat ini termasuk dalam salah satu kondisi kesehatan yang bisa didiagnosis dan diobati.

 

Burnout dijelaskan oleh WHO sebagai sebuah sindrom yang muncul dari stres kronis di tempat kerja yang tidak bisa diatur secara sukses. Ketika seseorang mengalami kondisi ini, tentu saja terjadi sejumlah masalah kesehatan yang membuat produktivitas kerja malah menurun.

 

Agar tidak terjadi masalah lebih lanjut, kamu perlu mengenali dan mengatasi kondisi ini secepat mungkin. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah cara untuk mengatasi kelelahan bekerja atau burnout.

 

Beri Hadiah pada Diri Sendiri

 

Kesenangan merupakan salah satu hal yang tidak boleh dikesampingkan terutama jika kamu gila kerja. Beri dirimu hal atau liburan yang bisa meningkatkan mentalmu serta membuatmu menyadari bahwa bekerja hanya merupakan cara untuk memperoleh sesuatu yang kamu sukai.

 

Cara terbaik yang disarankan adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu terutama yang bisa meningkatkan dopamin pada otak. Makanan tinggi protein seperti daging sapi, susu, dan telur merupakan makanan lezat yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkannya.

 

Tidur Siang

 

Beristirahat merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan. Lakukan tidur siang untuk memberi waktu otak agar beristirahat di tengah kesibukan kantor. Tidur siang sendiri telah dikenal sebagai batas waktu antar aktivitas yang dilakukan di siang hari. Hal ini bisa mengisi ulang tenagamu dan meningkatkan fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

 

Berjalan

 

Jika kamu ingin untuk tetap aktif secara fisik, berjalan bisa jadi cara untuk mencegah kelelahan. Hal ini disebut dapat memecah perhatianmu dari beban pekerjaan ke hal lain yang lebih menyenangkan. Berjalan di lingkungan sekitar bisa membuatmu bertemu banyak teman dan lebih dekat dengan alam. Hal ini juga bisa jadi cara efektif dalam mengurangi tingkat stres.

 

Konsumsi Permen dan Manis-Manisan Lainnya

 

Makanan manis tidak terasa lezat di lidah saja namun juga mempermanis hidup. Konsumsi makanan ini bisa membuatmu mengatasi rintangan dan masalah hidup dengan sangat manis. Mengonsumsi makanan manis bisa menjaga kesehatan mental dan emosi yang kamu miliki. Makanan lain seperti cokelat juga dapat membantu meningkatkan fungsi otakmu dan mengatasi masalah burnout.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menghindari masalah lebih lanjut yang mungkin terjadi karena kelelahan bekerja. Lakukan sejumlah hal tersebut agar kamu tetap produktif dan tidak dikalahkan oleh rasa stres dan lelah.

Posting Komentar untuk "4 Cara Sederhana untuk Atasi Burnout atau Kelelahan Karena Bekerja"